Sunday, April 10, 2011

Loyang Bongkar Pasang / Springform Pan

Loyang bongkar pasang (bongpas/bopang) atau springform pan, sangat membantu sekali kalo mau bikin cake yang termasuk kategori sensi, seperti cheesecake atau mousse cake. Saat cake sudah set, tinggal di buka bagian kuncinya (apa ya tepatnya? engsel?? hahaha), maka pinggiran loyang akan melebar, terpisah dari alasnya dan dengan mudah terlepas dari cakenya. Aku juga pake loyang ini untuk bikin Tiramisu, bagian pinggirnya aku susun lady fingers dan di tengahnya baru aku tuang adonan tiramisunya. Setelah set, bisa langsung di lepas. Walaupun begitu, tetap harus hati-hati saat melepasnya supaya kue gak hancur atau patah.

Loyang tipe ini ada yang di buat dari almunium, dan ada juga yang berlapiskan teflon anti lengket. Aku sendiri punya beberapa loyang bongpas ini. Yang paling sering aku gunakan ya loyang sebelah kanan atas. Memang terbuat dari almunium, jadi harus aku oles mentega dan di taburi tepung sebelum di gunakan. Tapi aku suka banget karena terdiri dari ukuran kecil (paling besar 20cm). Aku belinya dulu di Manila, saat aku ultah ke 30 tahun *ehem*. Sempat nyesel juga beli karena ternyata lebih menarik yang berlapis teflon (niat amat ya, ngisi koper sama loyang...*hehe*), tapi sekarang aku bersyukur, karena ukuran ke-3 nya, pas untuk ovenku yang memang gak begitu besar. Kalo mau bikin cake yang lebih besar, ya aku pake yang teflon sebelah kiri atas (tapi tetap gak lebih dari 24 cm, ovennya gak muat soalnya...hehehe).Selain bisa di beli satuan, ada juga yang di jual per-set (3 ukuran). Sesuaikan aja dengan kue yang akan di buat, dan yang paling penting, harus sesuai dengan ukuran oven juga. Sekarang, bentuk loyangnya gak cuma bulat, udah tersedia macam-macam loyang bongkar pasang ini, ada yang kotak, bunga, hati dan ada juga loyang tulbannya. O ya, saat di gunakan, walaupun memakai loyang bongpas teflon, bagian bawahnya selalu aku lapisi dengan kertas baking, karena pinggirannya bisa di lepas, alas loyang suka "nempel" sama cakenya, kalo di lapis kertas, lebih mudah melepasnya.

3 comments:

Toko BundaTia Cakes said...

hai mba, lam kenal..
klo boleh tahu, loyang bongpas dengan beragam ukuran dan bentuk ini beli dimana mba?? kepengen...
-balkis-

Camelia said...

Hello juga,
Aku beli loyang bongpasnya di Ace hardware. Tapi sepertinya sekarang di toko peralatan baking juga udah banyak ya...

Rini Baking said...

bunda Tia, kalau ingin beli loyang bongpas kunjungi web : www.rinibaking.blogspot.com.