Friday, April 1, 2011

Mikser

Kalo udah serius suka bikin kue, harus segera di pertimbangkan buat punya mikser. Kecualli kalo memang menikmati ngocok adonan pake whisk sampe gempor...hehehe...Gak perlu beli yang langsung besar dan mahal, yang biasa aja cukup. Udah bisa ngocok telor untuk aneka cake. Kalo aku, pertama punya mikser sendiri, aku beli mikser murah meriah (aku lupa merknya, kalo gak salah harganya waktu itu dibawah 100 ribu), yang akhirnya sukses aku bikin gosong n' mati mendadak tapi sudah sempat bikin beberapa kue. Trus aku beli mikser Philips Cucina, yang udah nemanin aku selama hampir 4 tahun. Memang, aku beli tipe yang ada stand-nya, tapi sejak beli cuma waktu nyoba pertama aku pake stand, selanjutnya, aku jadiin hand mikser aja. Waktu aku coba, kalo ngocok pake stand, rasanya kurang puas, sepertinya bagian bawahnya kurang kena, jadi aku lebih suka miksenya di pegang aja supaya puas muter-muter keliling baskom. Sementara standnya mangkal di gudang. Sejauh ini, cukup memuaskan, hampir semua kue di blog ku bikinnya pake mikser ini.

Trus, karena dulu aku sering bolak balik ke Jambi, di rumah Jambi aku beli mikser lumayan murah juga, mikser Miyako. Karena udah pengalaman sama standing yang gak kepake, aku cuma beli miksernya doang. Karena aku paksa kerja rodi, mikser Miyako pertamaku konslet dengan suksenya. Akhirnya aku beli satu lagi, dan so far, masih oke aja, yaah, masa pake nya juga baru setahun lebih. gak tau deh nantinya. Trus, aku juga pake mikser heavy duty Kitchen Aid yang aku beli sama my dear friend mom Elly. Pertama kali pengen punya gara-gara bikin donat cape' ngulennya. Cara kerjanya memuaskan sekali kalo buat home baker seperti aku. Untuk ngocok telur atau mentega, kerjanya cepat banget. Aneka hook yang di berikan, benar-benar bermanfaat untuk fungsinya masing-masing. Selain itu, pertimbanganku waktu beli, watt-nya lebih kecil di bandingkan mixer sejenis dari merk lain.

So...apa donk favorite ku?? tetap aku suka hand mikser...hehehe... karena ringan dan penyimpanannya gampang. Saking sukanya, aku sampe beli hand mikser Philips satu lagi karena sekarang aku lebih sering di Jambi. Kali ini aku beli tanpa stand nya, lumayan lebih murah dikit. Kalo heavy duty, ngangkatnya aja udah berat. Apalagi, kadang aku ngocok telur gak banyak, terlalu sedikit kalo pake mikser heavy duty, jadi whisknya gak nyampe ke bawah. Paling yang perlu di perhatikan saat memakai mikser tipe dan merk apapun, kalo miksernya terasa panas, berhenti saja sebentar, baru lanjut lagi. No problem.

Nah, cuma itu deh yang bisa aku ceritain soal mikser. Aku pake contoh mikser yang aku miliki soalnya banyak banget mikser dengan merk dan tipe yang berbeda di pasaran. Aku juga gak tau kelebihan dan kekurangan mikser yang ada selain punyaku yang sudah pernah aku gunakan sendiri...hehehe....

No comments: